Sedikit tentang surat Al-Kahfi Ayat 25

“Dan mereka tinggal di dalam gua selama 300 tahun dan ditambah 9 tahun” (Al-Kahfi :25)

Pasti teman-teman tahu dan pernah dengar kisah tentang ke 7 pemuda Al-kahfi. Dimana diceritakan bahwa mereka pemuda Ashabul kahfi berlindung di dalam gua dari kejaran penguasa kala itu. Saya yakin kisahnya pasti sudah pada hafal. Jadi saya tidak akan membahas kisahnya kembali. Yang saya ingin tekankan adalah ayat Al-Quran di atas yaitu surat Alkahfi Ayat 25. “Dan mereka tinggal di dalam gua selama 300 tahun dan ditambah 9 tahun (lagi)”. Maksudnya apa ya kok segala ditambah 9 tahun segala. Apa Allah salah hitung, atau cuma main kata-kata. kenapa ngga the point aja Allah ya dalam menyebutkan, 309 tahun, kan lebih mudah dimengerti. Hmm… sebagai seorang yang kritis tentu kita harus mempertanyakan hal itu bukan, tetapi ada sebuah jawaban yang mendetail dan sangat memuaskan hati. Ayat ini bicara tentang tahun, maka pembahasannya tidak jauh dari pengetahuan tentang waktu. Dimulai dari berapa hari dalam satu tahun masehi (syamsiyah), tentu jawabannya sudah pasti tahu, yaitu 365,25 hari. Kita bulatkan menjadi 365 hari saja, ok. Sedangkan jumlah hari dalam satu tahun hijriah adalah 354 hari. Maka selisih hari dari kedua tahun tersebut adalah 11 hari.

Kemudian 11 hari sebagai selisihnya, dikali dengan 300 (berasal dari ayat diatas, juga dikaitkan dengan tahun masehi). Angka yang didapat adalah 3300 hari, yang selanjutnya dibagi dengan 354 hari, dari penanggalan hijriah. Maka hasilnya adalah 9,32 tahun, atau boleh juga dibulatkan menjadi 9 tahun. Jadi 300 tahun masehi sama dengan 309 tahun Qamariyah. Dan Al-quran sudah jauh hari menyingkap hal yang demikian. Subhanallah… Sedetail itu Al-quran menjelaskan. Jauh sebelum orang-orang di masanya melakukan perhitungan tentang demikian.

“Maha benar Allah dengann segala firmanNya” Oleh2 dari salat jumat kemarin…

Iklan

Tentang Irman

Pembaca kehidupan. Apa? Mengapa? Kapan? Siapa? Yang mana? Bagaimana? Ohw Tuhan. Sungguh begitu banyak pertanyaan di otak ini.
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s