Perjalanan Menuju Gunung Padang dari Bogor

Destinasi Gunung Padang Cianjur

Siapa yang belum tahu di mana gunung padang? Hayoo ngaku! Berminatkah ke sana? Mari merencanakannya dengan lebih matang. Kenapa? Kerana perjalanan saya kemarin sama sekali tidak direncanakan dengan baik. Akhirnya kehabisan tiket kereta deh, harus naik angkot deh, dan mengeluarkan uang lebih banyak deh buat ongkosnya, hehehe.. dan di situ kadang saya merasa bokek… hehehe.. lebih jelasnya akan saya bahas baiknya bagaimana kalau menuju ke gunung padang.

Karena dadakan maka rencana pergi kemarin memang serba mepet, mesen tiket kereta di pas hari keberangkatan dan ujung-ujungnya kehabisan, jadi saya dan 2 orang teman memilih untuk naik mobil L 300 angkutan yang dari bogor ke cianjur, mini bus ini dahsyat banget larinya, sodok sana sodok sini, adrenalin saya rasanya terpacu ketika naik mini bus ini, jadi boro-boro saya bisa tidur lewat jalur puncak yang serem dan curam dengan pembawaan sang supir yang menggas mobilnya dengan kecepatan yang tinggi ini, situasi seperti itu kadang jadi penting, sambil naik mini bus itu akhirnya saya jadi banyak zikir.. hehehehe… Inget mati saya..

Cukup deh curhatnya. Sekarang saya akan kasih rute terbaik menuju ke Gunung Padang(Cianjur) dari Bogor dan sekitarnya. Pertama kalau dari arah Jakarta kita cukup naik KRL Commuter yang ke Bogor, sampai statiun bogor coba tanya petugasnya “Kereta yang menuju Cianjur dan Sukabumi di mana?” Sebenarnya kereta Jurusan Bogor – Sukabumi – Cianjur ada di depan Statiun Bogor yaitu Statiun Bogor Paledang, kita tinggal menyeberang jalan dan masih lurus sekitar 100 meter ada statiun yang biasanya masih sepi nah beli tiketnya itu di situ ya, saran saya lebih jelasnya tanya sama petugas yang ada di Statiun bogor supaya lebih mudah untuk di arahkan. Ingetttt.. beli tiketnya jangan pas di hari keberangkatan, tapi rencanakan minimal 2 hari sebelumnya, belinya bisa lewat Al-famrt Indomart atau online atau datang saja ke TKP, silahkan dicoba. Soalnya resiko kehabisan apalagi ketika hari libur itu sangat tinggi (pengalaman) coba cek keberangkatannya di web kereta api di sini dan bilang atau beli tiketnya adalah tiket kereta BOGOR- LAMPEGAN, karena nanti kita berhenti di statiun lampegan bukan statiun cianjur. Inget ya, ini penting banget supaya perjalanan tidak nyasar sana sini.

Nah jika tiket kereta Bogor-Lampegan sudah di tangan silahkan nikmati keberangkatannya, Kita akan melewati sekitar 15 Statiun, hehehe… banyak pemandangan yang sayang kalau tidak dinikmati di sepanjang perjalanan, nah karena tujuan kita adalah Situs Gunung Padang maka sesampainya ke Statiun Lampegan silahkan cari ojek, tapi saran saya lebih baik berfoto ria saja dulu di statiun, ke arah depan statiun ada terowongan LAMPEGAN yang merupakan terowongan peninggalan Belanda di atas terowongan ada tahun pembuatan 1879-1882, Wahh sudah lama sekali ya.. terowongan sepanjang 686 Meter ini juga kita bisa nikmati ketika kita berada di dalam Kereta. Amazing bukan..

Puas dengan terowongan Lampegan silahkan nego dengan tukang ojek di Statiun untuk ke Situs Gunung Padang, biasanya sekitar Rp 30.000, jarak antara statiun dengan Situs Gunung Padang sekitar 8 Kilo, tetapi jalan yang menanjak dan lika-liku bikin kita merasakan rasanya kok jauh bangettt..
Pemandangan ketika naik ojek tak kalah menakjubkan, situasi pedesaannya dapet banget, dengan pemandangan perkebunan teh dan pohon-pohon lainnya. Dan kita bisa menyaksikan betapa megahnya bumi ini, Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang bersisian terlihat paling perkasa dari kejauhan. Sampai menyentuh awan lohh.. pokoknya cuma bisa berucap kagum sama yang Maha Kuasa atas apa yang sudah bisa saya lihat. Hehehee..

Sampai ke Situs Gunung Padang, tinggal masuk biayanya Cuma Rp 5000 perak, silahkan menikmati tangga alam yang curam menuju puncak berundaknya. Akan saya ceritakan di sini Khusus membahas Situs Gunung Padang

Untuk keberangkatan kereta dari Statiun Bogor Paledang ke Cianjur biasanya hanya ada 2 kali perjalanan per hari. 07:55 dan 13:25, inget jadwalnya ya..

Dan kalau memang tidak menginap di sekitar Gunung Padang jangan sampai telat ya, kereta di Statiun Lampegan ada dua kali perjalanan juga untuk ke Statiun Bogor Pertama di Jam 09:05 dan di Jam 14:40.
Kalau sampai telat silahkan naik kereta menuju sukabumi di Jam 18:50.. Hehehee.. dan silahkan merasakan betapa amazingnya minibus L300 tujuan bogor dari pasar cisaat.. Heyheyy…

Sampai Jumpa lagi..

NB: Mohon maaf untuk foto-fotonya karena alasan jaringan yang memble jadi belum bisa diupload

Iklan

Tentang Irman

Pembaca kehidupan. Apa? Mengapa? Kapan? Siapa? Yang mana? Bagaimana? Ohw Tuhan. Sungguh begitu banyak pertanyaan di otak ini.
Pos ini dipublikasikan di Curhat. Tandai permalink.

4 Balasan ke Perjalanan Menuju Gunung Padang dari Bogor

  1. sering dgr dan baca ttg situs gunung ini, tapi belum pernah kesana 😀 Coba lah ntra aku abujuk suami spy mau sesekali liburan ke cianjur dan melihat gunung padang 🙂

  2. Kubikel Yusuf berkata:

    Klo habis dari situs gunung padang mau lanjut ke Sukabumi, angkutannya gimana? Jauh ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s