Mata yang bintitan

Mata saya bintitan..

Pernah dengar kata bintit teman? Jangan bilang belum pernah, nanti saya ngambek.. hehehe, maksa.. Kalau belum anggap saja pernah, oke. Nah, sekarang itulah yang sedang saya alami, mata bintitan, kalo mau tahu bintitin itu seperti apa.. Nihh saya kasih gambarnya..

Bintitan

Waktu kecil dulu juga saya pernah bintitan, celakanya mata bintitan ini punya mitos sendiri, kata temen-temen, orang yang matanya bintitan ini karena suka ngintipin orang mandi, BAB dan sebagainya. Pokoknya punya konotasi buruk.. Yaa tukang ngintip lahh… hehehee..

Adakah konotasi baik buat tukang ngintip?? Gak kan, yaa sudahlah beranjak dari bintitan ini saya mau cerita, kalo mata saya sedang bintitatan, ngga perlu dicapture, saya orangnya maluan.. hahaa.. Jadi sebulan ini saya sampai dua kali mengalami mata bintitan, pertama sekitar 2 minggu lalu dan sudah sembuh dan yang kedua di minggu ini dan masih bejendol, dan tadi pagi baru pecah, mengeluarkan darah plus nanah.. Hmm.. Jijik ya?? Ahh abaikan saja..

Baiklah kita mulai serius, sejatinya mata bintitan bukanlah dari hasil oleh-oleh dari ngintipin orang mandi, BAB dan sebagainya, tetapi berasal dari Tuhan.. Upss.. Yaa benarkan, dari Tuhan.. Semoga bukan sejenis kutukan buat para orang yang hobinya ngintips.. #Abaikan..

Sebenarnya bintitan terjadi karena kuman bakteri dari debu yang berseliweran, bagi bikers pasti sering dong kena debu saat berkendara. Nah itu dia salah satu penyebabnya. Boleh jadi, mata yang terkena debu dan sudah terjangkit bakteri tersebut sering dikucek sehingga mengalami iritasi dan infeksi pada pangkal bulu mata, dan duarrrr.. jadi deh tuh bejendol bintit,yang awalnya ketika belum tumbuh akan ada reaksi serasa nyeri atau gatal pada bagian dekat bulu mata (berbagai sumber) dan itulah yang memang saya alami di dua kali bintit ini. Dan sejak itu saya jadi berazzam bulan depan saya mau beli mobil.. Aamiin… hihii
Malu juga sih punya benjolan di mata itu tapi setelah beberapa hari jadi terbiasa, hahaa.. saya sih memilih fokus kepada rasa syukurnya.. biarain aja, penyakit kalo lagi dikasih ya kita terima dan berusaha mengobatinya bukan mengutukinya.. hahaha.. Alhamdulilah..

Kalo ada temen yang kena bintitan atau penyakit apapun saran saya sadari dan terima dulu penyakit itu dan jangan mengutuki atau mengeluh, tapi coba terima dan fokus kepada rasa syukur dengan nikmatNya yang lebih banyak, InshaAllah kita tidak jadi orang yang panikan, karena dari pengalaman saya “Sesuatu yang belum bisa diterima dengan baik biasanya akan terjadi berulang sampai kita benar-benar paham dan dengan penerimaan yang lapang”
Baik, mari kita balik ke bintitan.. Nah, terus apa obatnya?? Nah ini nih rekomendasi dari beberapa blog yang saya copas di sini dan sebagain memang sudah saya coba sendiri.

Terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintil tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

1. Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Daun Sirih
Daun sirih adalah tanaman obat yang memiliki sifat anti bakteri atau bisa dibilang anti septik di Ilmu kedokteran, cara untuk mengatasi mata bintitan adalah dengan membersihkan mata dengan menggunakan air rebusan daun sirih.
2. Dengan mengkompres air hangat
Cara mudah lainnya adalah dengan mengompres mata dengan air hangat. Kompres mata dengan air hangat supaya benjolannya bisa mengecil, rutin dengan jangka waktu 10 hingga 15 menit
3. Mengobati bintitan dengan bawang putih
Bawang putih memang dikenal sebagai tanaman 1001 khasiat, anda bisa mengoles mata anda dengan bawang putih setelah mengompresnya dengan air hangat, getah bawang putih bermanfaat untuk membunuh kuman infeksi pada mata yang bintitan.
4. Jangan menekan mata yang bintitan.
Tangan yang kotor jika menyentuh mata yang terjangkit bintit akan malah memperparah benjolan. Jadi jangan pernah menyentuh mata yang bintitan dengan tangan yang kotor, jadi dika anda ingin mengucek mata lebih baik mencuci tangan terlebih dahulu, atau lebih baik lagi jangan dikucek, tapi cuci muka saja.
5. Dengan salep
Salep seperti Amoxicilin dan Ciprofloxacin dapat digunakan untuk menyembuhakn mata yang bintitan, karena salep tersebut merupakan anti biotik yang dapat membunuh bakteri staphylococcus. Oleskan secara teratur pada mata yang bintitan.
6. Dengan obat tetes mata.
Obat mata ini sebaiknya sebagai pilihan terakhir untuk pengobatan, memang obat tetes bisa membersihkan kotoran, tapi kadang obat tetes mata malah menyebarkan bakteri tersebut sehingga benjolan bisa timbul di lain tempat di sekitar mata.

Salah satu obat yang saya gunakan selain bawang putih adalah salep antibiotik pada gambar, namanya ERLAMYCETIN CHLORAMPHENICOL. Silahkan dicari di Apotik terdekat.

salep-bintitan

Demikian, semoga bermanfaat

Iklan

Tentang Irman

Pembaca kehidupan. Apa? Mengapa? Kapan? Siapa? Yang mana? Bagaimana? Ohw Tuhan. Sungguh begitu banyak pertanyaan di otak ini.
Pos ini dipublikasikan di Curhat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s