Menghalau Galau

Kemarin saya merasa benar-benar lemah, lemah segala-galanya, lemah iman, lemah motivasi, pengennya leliguran melulu, sampai ketika saya membaca Al-Quran dan di titik itulah saya menemukan semangat kembali. Dan terkenang do’a Rosul yang di gambar ini.

 

 Do’a supaya terhindar dari GALAU.. 😆
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa gelisah dan sedih, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil, aku berlindung kepada-Mu dari tekanan hutang dan kesewenangan orang.

Hanya dengan mengingat Allah hati akan kembali tenang, seperti Firman Allah taala;

 



Sekarang saya mau berbagi tips, yang sebenarnya sudah saya infokan di atas. Kalo hati gelisah, galau gak jelas, ini itu gak jelas, dan gak semanget, apa yang harus kita lakukan?

Apa yang harus kita lakukan kalo galau tak berujung? Apa coba?

Pertama, ikhlasin apa yang telah terjadi, ikhlasin itu artinya melepaskan, bukan malah menyesali tak berkeujungan, menyesal kalo kita salah itu memang keharusan, tapi setelah menyesal, sadari kalo itu adalah bagian fenomena yang memang seharusnya terjadi, lepaskan bahwa semua akan kembali ke Allah. Niscaya hatimu akan semakin tenang.

Yang kedua, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk menghalau kegalauan, hm… sibukkan diri broo, sibukan dirimu dalam hal kegiatan yang membuat dirimu merasa menemukan jati diri, misal dengan olahraga, ikut organisasi apa kek, menjalani hobi, masak, nulis, baca buku, atau apa saja yang sekiranya membuat kita menjadi lebih aktif dan berujung kepada kebaikan. Coba bayangkan, seorang yang putus cinta, galau ngga ketulungan, diem aja di kamar, bergalau-galau, ujung-ujungnya malah bisa menyakiti diri sendiri, atau mungkin bunuh diri. Beda, dengan mereka yang galau tetepai tetap melakukan kegiatan, maka akan hilang galaunya seiring waktu, apalagi kalau galaunya diisi dengan yang membaikan. Shalat misalnya, atau dzikir, kepada Allah, bahwa sesungguhnya apapun yang terjadi itu atas khendak Allah. Ikhlas, lepaskan. Kalo sudah lepaskan yupss perbaiki diri, untuk melangkah selanjutnya.

Bagaimana kalo galau karena punya banyak hutang? Yaaa bayar.. hehehehee.. bayar kawan, usahakan dengan jalan halal, adapun itu terbayar atau belum kita ikhlaskan, kita lepaskan segala bebannya, termasuk ketika dimarahin oleh yang memberi piutang, ikhlasin, lepasin, itu adalah fenomena yang memang sudah seharusnya terjadi. Semua sudah sempurna apa adanya, jangan khawatir, jangan galau, hidup sudah sempurna, cara menyikapi kita yang sering kali tak sempurna.

Baik, itu saja sharing saya selama ini, yang dinukil dari para guru dan pengalaman pribadi. Ingat, kalo galau ya mau gimana? Sungguh tidak ada daya dan upaya kecuali atas KuasaNYA, Kuasa yang menciptakan segala sesuatu. Jadi balik ke Allah, balik ke Allah, balik ke Allah. Itu….

Iklan

Tentang Irman

Absurd, tapi punya fisik nyata, bisa dilihat, diraba, diplototin, sekaligus bikin ngangenin banyak orang.. Ciyuss
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s