Arsip Kategori: Curhat

Pengalaman Ittikaf di Masjid An-Nahl The ICON BSD City

Punya niat buat ittikaf di malam-malam menjelang akhir ramadhan? Bisa, ke An-Nahl aja, fasilitasnya lumayan memanjakan jamaah. Dari makan sahur, buka puasa, dan ada laundry plus full wifie. Dan yang paling penting kajiannya yang berisi, diisi sama para hafidz yang punya jam terbang tinggi juara internasional. Tarawihnya ada dua versi, yang di awal  ba’da isya 11 rakaat, di malamnya jam 22;00 mulai untuk tarawih 23 rakaat, bacaannya gak nanggung-nanggung, bisa 5 juz, selesai jam 1 dinihari (khusus yang 23 rakaat). Heheeee.. Kuat? Cobain aja dulu…

 

Nah, bagi yang sudah tidur setelah kajian hadist dari setelah tarawih ba’da isya, jam 2 dinihari kita dibangunkan untuk tahajud 8 rakaat. Lumayan, 1 juz aja. Lanjut makan sahur, ada coffe dan teh juga. Dan yang paling mengagumkan semua fasilitasnya gratis-tis-tis. Hehehee… *Pesen buat para pemburu gratisan.

 

Mesjid ini ukurannya terbilang tidak terlalu luas, tetapi lumayan nyaman, berada di sekitaran BSD city the ICON. Gak jauh dari AEON MALL BSD. Makanya, jamaah ittikaf di 10 hari akhir ramadhan udah lumayan full (panitia konfirmasi ada 500 orang), dan sebaiknya daftar dari awal-awal ramadhan untuk ittikaf di masjid ini. Karena kalo daftar pas menjelang akhir ramadhan, kita gak kebagian kouta, walau begitu silahkan aja kalo mau nekat tetep nginep, dengan resiko tanpa terdaftar, tentu fasilitasnya juga dapet sisa-sisaan.. Hehehee, tapi untuk makan dan buka, kadang malah berlebih-lebih makanan yang ada. Intinya jangan takut lapar untuk buka dan sahur di An-Nahl.

Setelah taraweh kita diberikan coffe sambil mendengarkan kajian dengan Ustadz Deden, ustadz muda hafidz Qur’an, beliau menghafal Qur’an tidak kurang dari 56 hari, sekaligus founder Indonesia Murojaah, kalo mau lihat lebih banyak profilenya bisa dilihat di http://www.indonesiamurojaah.org

Salah satu pesan beliau yang saya ingat pas kajian Hadist semalam, jauhinya sebagian prasangka, karena sebagian itu buruk dan dosa, nah, pesan buat yang suka nyinyir ke penguasa hehehee.. ini pesan bagus, udah, ngga usah husnudzoon, kita ngga tau, bisa jadi yang kita sedang kita buruk sangkain ini lagi taubat, lagi istighfar. Tapi soal 2019 jangan dipilih lagi, kira-kira begitu pesan beliau. Ngena, dan bijak…

Ehh, di seberang jalan ada ruko orang non muslim yang jualan dan kita bisa belanja, jajan-jajan juga di situ, ngga apalah, saling bersinergi.

 

Nah, An-Nahl juga sedang melakukan perluasan, mungkin tahun depan akan semakin kece buat melayani jamaah, katanya baru pembebasan ruko di sampingnya, gak tangggung-tanggung 4,5 M. Bagi yang mau nyumbang ya dipersilahkan, yaaaa gini loh, kita ngejar gratisan boleh aja, tetapi untuk beramal juga jangan absen. Di sediakan kotak di depan yang masing-masing kotaknya sudah ada nama-nama judul mau diperuntukan apa. Mau Ittikaf sekarang ke An-Nahl? Saya sudah, walau ilegal karena gak ke daftar, tapi masjid ini MasyaAllah, bikin kita bangga sama Masjid. Terima kasih seluruh panitia Ittikaf An-Nahl.

Sayang sekali, saya gak ambil foto, duh….

Alamatnya: The ICON BSD CITY, Ruko Horizon Broadway M5 No. 3 Jl. Horizon Broadway Sampora, Cisauk Tangerang.

Iklan

Hari ketiga Training ESQ tanggal 25 Februari 2018

Seperti biasa coach Iman mengawali dengan menari, ehh satu hal yang belum saya sampaikan ke teman-teman semua, bahwa pada setiap sesi permulaan setiap training ini selalu diawali dengan doa Alfatihah, bahkan ditengah sesi ketika kita sama-sama berdoa juga sering diselipkan oleh Pak Ary pelafalan Al-fatihah, dan puncaknya di hari ketiga, kita bersama-sama sampai kepada konsep ke 4 yaitu Learning Principle, yang bermuara ke surat Alfatihah. Ummul Qur’an yang 17 kali kita baca dalam salat setiap hari.

 

Yang saya kaget di Training ini ada Non Muslim, hehehee.. Mungkin setidaknya semoga menjadi jalan hidayah buat mereka, karena basic training ini kuat sekali berbicara tentang tauhid.

 

Baiklah, tidak berlama-lama, saya rangkum saja kesimpulan training ESQ New Chapter sebagai berikut.

 

7 NILAI DASAR ESQ 165

 

1.JUJUR adalah pengabdian kepada = AL-MU’MIN

2.TANGGUNGJAWAB = AL-WAKIL

3.VISIONER = AL-ÂKHIR

4.DISIPLIN AL-MATIN

5.KERJASAMA = AL-JÂMI’

6.ADIL AL- ADL

7.PEDULI = AL-BASHIR

 

 

 
   

 

 

THE ESQ WAY 165 and SD ISLAM AL-HUSNA

 

 

 

 

 

IKRAR THE ESQ WAY 165

Satu Nilai, Enam Prinsip, Lima Langkah

 

1 (Satu) Hati:

Allah melihat setiap langkahku

 

6 (enam) Prinsip:

  1. Allahadalah Tuhanku
  2. Malaikatmencatat perbuatanku
  3. Nabidan Rasul teladanku
  4. Kitab Sucipedomanku
  5. Hari Kemudiancita – citaku
  6. Ikhlasdan Tawakal sikapku

 

5 (lima) Langkah:

  1. Pengabdian kepada Allah syahadatku
  2. Sholatkarakterku
  3. Puasabentengku
  4. Zakatkeluarkan potensiku
  5. Hajiderap langkahku

 

THE ESQ WAY 165 and SD ISLAM AL-HUSNA

6 (ENAM) PRINSIP Membangun Mental:

 

  1. STAR PRINCIPLE

Orientasi hanya kepada Allah Yang Maha Esa.

  1. ANGEL PRINCIPLE

Integritas Malaikat, tanpa pamrih.

 

  1. LEADERSHIP PRINCIPLE

Meneladani kepemimpinan Nabi dan Rasul.

  1. LEARNING PRINCIPLE

Manusia pembelajar, berpedoman pada kitab suci-Nya.

 

  1. VISION PRINCIPLE

Visi jauh kedepan (Dunia & Akhirat).

  1. WELL ORGANIZED PRINCIPLE

 

Siap dan ikhlas menghadapi segala peran, kondisi, tantangan dan resiko.

Kenang-kenangan Sertifikat dan Kartu Peserta

Kenang-kenangan sertifikat dan nametage

(Sumber: myalhusna1987.wordpress.com)

 

Kalo ada yang mau ikutan trainingnya rekomended ye, nilai uang yang Anda keluarkan bukan sesuatu apapun dibanding dengan apa yang Anda dapatkan. Training terdekat bulan Mei, saya lupa tanggalnya. Boleh WA saya sekalian kalo mau ikut, nanti saya bantu arahkan ke panitia

0838-1846-0939

Mengikuti Training ESQ New Chapter 23-25 Februari 2018 (Hari Pertama)

 

Apa yang saya dapat dari training ESQ ini? Jawabannya banyak, walau tidak berwujud materi, tetapi selalu ada hal yang lebih berharga dari sekedar materi. Sesuai temanya ESQ (Emosional, Spiritual Qoutient).

 

Secara umum pertama kali training saya bingung, ini kok banyak geraknya, nari-nari, tepok tangan, dan gerakan lucu lainnya, hehehee… Ternyata itu adalah bagian dari cara menyampaikan materinya pak Ary Ginanjar, supaya peserta tetep bersemangat, karena gerak membuat jiwa kita lebih fokus setelahnya. Atau saya pernah mendengar istilah NLP dari seorang teman, I Follow you, I Follow you, you follow me, saya kira hal inilah yang dipraktekan pak Ary Ginanjar dalam trainingnya.

 

Secara penjelasan ada yang namanya Kinestetic-Audiotery-Visual, kinestetic adalah gerakan, Audiotery pendengaran, dan visual adalah penggambaran, secara umum penyampaian pak Ary Ginanjar berpegang pada prinsip ini. Dan total banget pembawaannya, bikin yang menyaksikan merinding. Satu hal yang paling merasuk ke saya adalah senyuman tulus Pak Ary Ginanjar yang tak berkesudahan, dari hari pertama sampai hari ketiga. Padahal beliau sehari sebelumnya baru pulang umroh dan sebelumnya lagi dari Australia, Singapur, dan Malay, gak ada hari liburnya ini orang, bener total sama apa yang sudah jadi bagian hidupnya.

 

Isi materi trainingnya kembali ke Fitrah manusia, secara sadar atau tidak sadar kita sering bertanya ke dalam diri sendiri siapa dan mau kemana kita? Dan di sinilah menurut saya keunggulan ESQ dari materi training motivasi lain. Menemukan tujuan dan siapa jatidiri manusia. Bagaimana caranya, secara garis besar pemahaman ESQ basicnya Al-Quran dan Hadist, dikisahkan bagaimana seorang Ibrahim meminta kepada Allah untuk mempunyai keyakinan hati yang menghujam di hati. Dan ketika itu Allah suruh Ibrahim memanggil burung-burung dan kemudian dia mencincang-cincangnya dan memisahkan tubuh burung yang dicincangnya itu di antara bukit-bukit, kemudian Allah suruh Ibrahim untuk memanggil kembali burung itu ke hadapannya. Dan itulah kisah Ibrahim yang Agung.

 

Lalu bagaimana dengan kita yang manusia biasa untuk memperoleh keyakinan yang menghujam di hati? Dikisahkan secara visual tentang penciptaan Alam semesta yang pada prinsipnya berkesesuaian dengan apa yang disampaikan Al-Quran, ada yang tahu teory Bigbang ya? Kalo belum, googling deh, terus baca ayat Al-Quran tentang penciptaan alam semesta di bawah ini.

 

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” isi Surah Al Anbiya Ayat 30.

 

Penggambaran multimedia yang keren membuat peserta dapat secara feelnya, digambarkan tentang manusia sebagai makhluk kecil seperti debu dibandingkan alam semesta yang megah. Di bagian ini banyak yang terisak secara emosi, tercabik-cabik secara ego, kita manusia selama ini kadang bersikap sombong, merasa paling kaya, paling cantik, paling pintar, dan paling  ini dan itu lainnya, tetapi nyatanya kita hanya seonggok daging kecil yang membawa kotoran kemana-mana, kecil, kecil sekali.

 

Ini basic dalam hidup, menyadari sesadar-sadarnya, siapa kita dan mau kemana, bagaimana bersikap dan tetap optimis dalam mencapai tujuan.

 

Di bagian akhir peserta diajak menyelami alam bawah sadar yang secara teory menguasai diri manusia dalam bersikap dan kita diajak membuang apa yang membuat terbelenggu di dalam dada, bagian ini cukup berhasil membuat peserta teriak sekeras-kerasnya, membuang apa yang tidak disukai dari dirinya, perasaan gak percaya diri, kurang syukur dan lainnya.

Ehh, btw ini pesertanya sampai 500 an orang, buanyak yaahh… Harga tiketnya lumayan loh, bahkan ada yang dari singapura dan Malaysia…

 

Lanjut Bagian Kedua yaw….

Di sini

 

Gagal Berhenti

 

Salah satu seorang teman yang menjadi bagian tim saya dalam pengerjaan proyek

Setelah bergulat dengan proyek selama dua bulan, dan hasil perhitungan budget dan modal yang sudah keluar dinyatakan rugi tenaga, rugi uang, rugi perasaan, hahahaa.. Tapi untung hikmah dan pengalaman. Alhamdulillah.

Kemarin, saya dan tim ngumpul, membicarakan ini, tepatnya membayar gajih mereka. Tidak full, karena memang proyek ini jebol. Klien yang satu ini istimewa detailnya, walau  hari ini bilang sudah puas tetapi besok ada lagi, dan ada lagi, dan dengan budget itu-itu juga tanpa tambah lagi uang. Seperti yang saya ceritakan di bagian Klik Ini.

Ada satu momen yang membuat saya sedih sekaligus bahagia, pertama mereka menyemangati saya, dengan banyak motivasi, kedua mereka berharap saya gak kapok maen proyek seperti ini. Mengapa? Karena mereka berharap bisa kerja lagi bareng, supaya dapur ngebul, supaya kebutuhan terpenuhi, yaaaa, kebutuhan ekonomi mereka yang memang kerja buruh serabutan, kadang kerja, kadang ngga, membuat mereka punya harapan supaya saya tetap meneruskan usaha proyek ke proyek ini. Alhamdulillah, menjadi salah satu wasilah rejeki buat orang lain, hakekatnya Allah tempat bergantung. Saya tak punya kuasa apapun dalam hal ini.

Sampai di sini saya jadi mikir buat bergrilya lagi, tidak patah, cukup intropeksi proyek sebelumnya kemudian jalan lagi. Karena ada yang berharap, walau berharap dengan makhluk banyak bikin kecewa. Hahaaaa…

Tadinya saya mau stop dulu ini semua, pengen pergi ke kampung inggris, terus cuti sebulanan, mau nikmatin hidup. Xixixi… Tetapi Allah menakdirkan lain, atau Allah memberikan pilihan takdir lain, untuk tetap menjadi wasillah rezeki buat orang lain. Yaa, seperti itu.

Akhirnya saya gagal untuk berhenti…

Maka pagi ini, saya ucapkan syukur Alhamdulillah, sambil menarik napas panjang dan mengeluarkannya kembali dengan perasaan lega…. Allahuakbar……

AlhamdulillahirabbilAlamin….

 

Tajurhalang

23 Januari 2018

Bertemu Costumer yang ngeselin

Pembeli adalah raja, yaaa itu benar adanya, tetapi raja yaa harus adil, dan tahu diri, penjual tidak melayani sesuatu yang melebihi dari apa yang dibeli, kalaupun ada itu bonus namanya.  Kalau dari sudut pandang seorang teman bilang, pembeli itu memang raja, tetapi ada ketentuan berlaku yang membatasinya. Begitu kira-kira.

 

Terus kamu mau apa? Haaahh, sok jadi raja? Atau sok jadi rakyat? Ahh, lupakan, saya mau cerita, hahahaa… Bukan tentang raja atau rakyat jelata. Tapi ini kisah pribadi, yang berhubungan dengan costumer yang boleh dibilang raja, yang lumayan bikin pusing, Hihihiiii…

 

Ada apa? Hm, dua bulan ini saya dan tim berhubungan dengan orang kaya yang boleh dibilang orang kaya bangetttt, soalnya mobilnya banyak sampai 7 di garasi, Innova, Ferrarinya dua, terus merk lain yang saya gak hafal namanya. Pas ngobrol-ngobrol juga dia cerita kalo rumahnya ada 8 di Jakarta, hahahaa.. Kaya ya kan?? Dari segi materi iya. Tapi dari segi sikap saya gak bisa menghakimi, hanya saja, sepanjang kerjasama dengannya, saya merasa tertekan. Karena ribetnya minta ampun, apalagi kalo soal uang, ngeluarinnya ribet bro, entah ini orang pernah ditipu orang atau kenapa, sampai hati-hati banget dan lama dalam melangkah sesuatu yang berhubungan dengan uang. Lah bayangin, saya bikin kwitansi aja direvisi berulang-ulang, bahkan ada satu momen uang gak keluar karena kwitansinya dia bilang salah. Huhuhhh, naahh itu sederhana masalah kwitansi, bagaimana soal pengerjaan proyeknya?? Duuh ribet dah pokoknya, bikin pusing, yang lebih pusing lagi uang pribadi saya udah kemakan lumayan di proyek ini.

Terus bagaimana saya nyikapinnya, yaaa gitu. Kan standar prosedurnya, pembeli adalah raja, tapi yaa saya gak bisa nanggepin sesuatu yang di luar kuasa saya. Apalagi sesuatu yang bisa melebihi budget kalo diturutin. Dan itulah yang terjadi, xixixixixxx…. Bahkan uang pribadi saya udah kepake di proyek ini, yaa lumayan lah nilainya, buat ongkos sama uang jajan ke bali mah cukup sepertinya. Tapi dia ini gak ada puasnya, ini masih hubungin saya lagi, whatsapp, katanya kurang ini ituh. Duhhh, saya manusia pak, bukan Tuhan yang bisa sempurna, dan lebih-lebih ngga banget dah pengen sesempurna mungkin dengan budget seminim-minimnya. Gilaa pak, hahahaaaa…

 

Jadi gimana dong? Hm, Jadi uang yang hilang biarin sajalah, daripada saya dibuat pusing sama ini orang, saya mending nutup buku. Lepas aja ini proyek, dan untuk pekerja-pekerja yang belum dibayar, saya yang bayar aja, rezeki mah InshaAllah, dari proyek lain juga melimpah.  Jadi pengen liburan setelah melewati ini semua. Hhaaa…

 

Satu yang saya pelajari bertemu dengan seorang dari etnis tertentu ini buat saya punya kesimpulan, ini nih yang bener-bener encex, teliti dan agak killer, walau dikesempatan lain saya juga bertemu dengan costumer etnis yang sama tapi baiknya minta ampun. Bukan tentang suku, atau etnisnya tetapi ini tentang bagaimana sosoknya. Itu ternyata, dan berhati-hati berurusan dengan orang yang kaya banget, kadang sisi bijaknya yang kosong melompong, kurang bisa menghargai orang lain dan neken abis.

 

Sekian cerita malam ini, kalo ceritamu mana? Sini, biar saya baca.. J

Ngawur tengah malem

Kalian pernah bohong? Gue pernah, bahkan kalo dikumpulin dari kecil mungkin kebohong-bohongan gue dah numpuk sebesar gunung uhud. Di mulai duit kembalian beli cabe nyokap yang gue bilang hilang sampai ke duit bayaran yang pernah gue tilep buat beli mobil tamiya atau maen Peesan. Yaa Allah, Igfirlana…

 

Tapi di atas semua itu apa yang bakalan gue ceritain di sini adalah kebohongan terhadap diri sendiri. Yaa Tuhan, bagaimana semua ini terjadi di hidup gue. Gue masih percaya setiap orang mungkin pernah bohong terhadap orang lain. Tetapi, bagaimana caranya bohong terhadap diri sendiri. Gue yakin lu pasti juga pernah, eh lagi-lagi gue curhat nih, beberapa waktu lalu, satu sosok ngwhatsapp yang intinya dia udah nemuin belahan jiwanya, dan rencana nikah April ini. Yaa bagus dong, orang yang udah mau niat baik bakalan mau nikah kan bagus, tapi brooo, gue kok di dalam hati ada perasaan bahagia memang, tapi gue gak bisa bohong juga kalo ada yang ketarik di hati, ditarik entah gimana rasanya. Loose aja gitu broo, ada yang hilang, ehh kenapa? Bukan berarti ini gue sama dia belum ada prospek ya, ini gue udah ikhtiarin InshaAllah maksimal, tapi belum jodoh, gak dapet restu bro dari ortunya, perihal banyak ini itu. Ahh, kelamaan yaah curhatnya, ini lebih kepada, gue seakan-akan bahagia, senyum sana-sini, tapi dalam hati kok ada yang hilang, hahaaa… Sedih juga sih, si doi kan sosok pertama yang gue kenalin ke ortu dan udah sampai tahap ketemuan antar keluarga. Tapi, kalo jodoh kan ngga bisa dipaksain. Allah yang Maha mengatur segala sesuatu, tugas kita mencoba mengikhtiarin. Jangan-jangan jodoh gue eluu bro, iya elu yang baca ini tulisan??? Tapi Eluu nya cewek yaa, bukan lekong.. Stttt  Gue normal bro jangan takut…

Ehh, nyambung ngga sih ini kebohongan pribadi terhadap diri sendiri, yang malah ujung-ujungnya ke curhatan pribadi yang belum juga udah-udah. Sabar yaaa ngadepin gueeeeeh.. Heheheeeee

 

Sampai jumpa lagi di tulisan ngawur…

Tulisan Ngasal

Jumat 03 November 2017

Kalo di total, sudah 5 hari ini saya sudah tidak mandi-mandi, bukan sedang di hutan atau punya pantangan ilmu kanuragan. Tapi, demam di tubuh ini baru saja surut, rencananya hari inilah saya akan mandi air hangat. Asik sekali bukan? Bayangkan, seperti orang yang kehausan kemudian mendapat air sejuk, passs.. Begitu pula yang akan dirasakan tubuh ini ketika dibanjuri air hangat nanti.

Ngomong-ngomong soal mandi, seingat sepanjang hidup 27 tahun ini, record tak mandi saya yang paling lama adalah ketika sakit cacar air, 2 minggu gak mandi, baauuu? Ya sudah tentu, tapi tak perlu dibahas lagi, karena ada bagian lebih ngeri lagi di saat sakit cacar itu. Kalian tahu apa? Hm….. Demi alasan katanya obat, saya makan cicak binatang melata itu, yang sering dinyanyiin, cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap…… ssttt (kalo hafal silahkan diteruskan sendiri). Saya makan cicak itu dengan lahap seperti layaknya makan sate dari tusuknya. Uhhhhh… Kalo ingat sekarang gak lagi-lagi deh..

Balik lagi ke sakit ini, senin sempet berangkat ke alam sutera, di sana saya malah meriang gak karuan. Pulang maghrib, abis salat langsung mengigil, tidur, bangun, tidur bangun, maksa salat isya jam 00.30 an dinihari, sambil kepala keliyengan. Satu hal yang saya bakalan inget betul ketika kita sakit gitu adalah, ada orang yang kasihnya sepanjang masa. Nyokapppp, iya benar… Sepanjang saya tidur bangun, tidur bangun, nyokaplah yang setia menemani, nempelin daun Ustajab di kepala, ambilin aer hangat, mijitin kepala saya yang makin pening, nanya mana yang sakit, mana yang begah, dan sebagainya. Kalo kaya gini kan saya mau bilang apa, selain. Makasih mamaaah.. Muaccch.. Hehehhee.. Pokoknya kasih ibu sepanjang masa, itu benar adanya. Kalo Anda punya seorang anak laki-laki, pastikan, cinta pertamanya adalah untuk ibunya. Sedangkan untuk anak perempuan, dia kelak akan merasakan cinta yang sama ketika mempunyai anak laki-laki kelak. Dah, titik aja.. Makasih lohhh..